SEGALA SESUATU TENTANG KOMPUTER (GROUP 1-5)
KELOMPOK 1: Organisasi dan Arsitektur Komputer
A. Pengertian Organisasi dan Arsitektur Komputer:
1. Organisasi Komputer:
Bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
2. Arsitektur Komputer:
Konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
B. Perbedaan Organisasi dan Arsitektur Komputer:
- Arsitektur sama, Organisasi dapat berbeda
- Arsitektur bertahan lama, Organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi
- Memberikan kompabilitas instruksi level mesin
- Organisasi antar versi memiliki perbedaan
C. Konsep Arsitektur Komputer:
Struktur dasar Komputer terdapat 4 struktur utama:
1. Central Processing Unit (CPU), berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat pengolahan fungsi-fungsi komputer.
2. Main Memory, sebagai pentimpanan data.
3. Input/Output (I/O), berfungsi untuk memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
4. System Interconnection, berfungsi sebagai sistem yang menghubungkan CPU, Memory Utama, dan I/O.
D. Objek Organisasi Komputer:
- Unit-unit operasional komputer.
- Hubungan antara komponen sistem komputer.
- Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal.
E. Prinsip Kerja Organisasi dan Arsitektur Komputer
Komputer mempunyai bagian-bagian yang mempunyai fungsi berbeda-bedal. Susunan letak dan hubungan antar bagian-bagian hingga membentuk tubuh komputer disebut sebagai arsitektur komputer. Atau dengan klata lain arsitektur komputer merupakan pengorganisasian bagian-bagian fungsional sebuah komputer.
F. Ilustrasi Organisasi Komputer
G. Ilustrasi Arsitektur Komputer
KELOMPOK 2: Struktur dan Fungsi Komputer
Struktur dan Fungsi Komputer untuk mewujudkan komputer sebagai sebuah pengolah data yang menghasilkan informasi, maka diperlukan suatu sistem komputer yang elemennya terdiri dari hardware, software, dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan.
Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa Software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada Manusia (Brainware) yang mengoperasikan dan mengandal hardware atau perangkat keras. Perangkat keras adalah peralatan yang secara fisik dapat dilihat oleh mata biasa, sedangkan software atau perangkat lunak adalah komponen-komponen yang digunakan untuk menjalankan suatu operasi tertentu atau untuk mengontrol sistem kerja komputer. Sedangkan brainware adalah manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan serta mengatur sistem komputer.
Supaya komponen-komponen dalam komputer dapat saling terkait dan saling berintegrasi dalam menjalankan tugas, maka perlu dibuat struktur komputer. Adapun cara kerja komputer berdasarkan struktur komputer tersebut.
-Fungsi Komponen-Komponen Komputer:
1. Piranti Masukan (Input Device):
Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
2. Piranti Keluaran (Output Device):
Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports:
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Control Processing Unit):
CPU memiliki 2 bagian fungsi operasional, yaitu:
a.ALU (Arithmetical Logical Unit):
Sebagai pusat pengolah data, yaitu melaksanakan operasi-operasi perhitungan (aritmetika) seperti pengurangan, penjumlahan, dan perkalian, serta opera logika yaitu membandingkan suatu nilai bernilai nol atau tidak.
b. CU (Control Unit):
Untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer. CU akan memutuskan urutan operasi untuk seluruh sistem, membangkitkan dan mengendalikan sinyal-sinyal kontrol untuk menyesuaikan operasi-operasi dan arus data dari bus alamat (Address Bus) dan Bus Data (Data Bus) serta mengendalikan dan menafsirkan sinyal-sinyal kontrol pada Bus Kontrol (Control Bus) dari sistem komputer.
CPU sering dikenal juga dengan nama prosesor atau mikroprosesor.
5. Memori:
Memori terbagi menjadi 2 bagian yaitu:
a. Memori Internal:
Berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang diolah untuk sementara waktu dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dihidupkan.
b. Memori Eksternal:
Berupa Harddisk, Flashdisk, dll. Bersifat permanen (Tidak Sementara Waktu). Jika komputer dimatikan, data akan tetap tersimpan.
6. Data Bus:
Jalur-jalur perpindahan data antar modul yang ada di dalam Sistem Komputer. Karena pada saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat dipindahkan. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus:
Untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
8. Control Bus:
Untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Control Bus terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
KELOMPOK 3: Konsep Dasar Operasi Komputer
Pemroses:
1.Disebut
juga CPU
2.Berfungsi
mengendalikan operasi komputer dan melakukan pengolahan data
3.Cara
kerja pemroses:
•Mengambil instruksi yang
dikodekan secara biner dari memori utama
•Mendekode instruksi menjadi
proses-proses sederhana
•Melaksanakan proses – proses
tersebut
1.Kategori
operasi pada pemroses
•Operasi aritmetika
•Operasi logika
•Operasi pengendalian
2.Komponen
pada pemroses
•CU(control unit)
•ALU(aritmatic logic unit)
•Register
CU, ALU, dan REGISTER
1.CU berfungsi mengendalikan operasi yang
dilaksanakan sistem komputer
2.ALU
berfungsi melakukan operasi aritmatika dan logika
3.Register merupakan
memori yang sangat cepat yang berfungsi sebagai tempat operan
operan dari
operasi yang akan dilakukan oleh pemroses.
REGISTER:
Lokasi
memori yang sangat khusus tekonstruksi dari flip flop didesain untuk menampung
data, data tersebut dapat diakses dan diakses dalam berbagai operasi dengan
kecepatan
tinggi.
JENIS REGISTER:
General
purpose register
v16 bit : AX, BX, CX, DX
v8 bit : AH, AL, BH, BL, CH, CL,
DH, DL
Segment
register = CS, DS, SS, ES
Index
register = SI, DI, IP
Pointer
register = IP, SP
MEMORI dan I/O
Memori
berfungsi untuk menyimpan data dan program.
Perangkat
I/O digunakan dalam sistem komputer untuk berinteraksi dengan lingkungan
luar,
balik ke pemakai maupun ataupun lingkungan secara umum.
INTERKONEKSI ANTAR KOMPONEN
Disebut
juga BUS
Terdiri
dari tiga macam yaitu Bus Alamat, Bus
Data, Bus Kendali.
BUS
populer = ISA, EISA, MCA, VESA, PCI, dan AGP.
KELOMPOK 4: STRUKTUR MESIN VON NEUMANN
Pada jaman modern saat ini, hampir semua komputer
mengadopsi arsitektur
yang dibuat oleh John von Neumann (1903-1957).
Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan
sentral(CPU),yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan
melalui
satu sumber tunggal.
Arsitektur von neumann
adalah unit pemrossesan sentral (CPU), yang
memungkinkan seluruh fungsi
kommputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber
tunggal.
ARSITEKTUR VON NEUMANN TERDIRI DARI
ELEMEN SEBAGAI BERIKUT:
1. Processor, merupakan
pusat dari kontrol dan pemrosessan interupsi pada
komputer.
2. Memory, digunakan untuk menyimpan informasi
baik program maupun data.
3. Perangkatinput-output,
berfungsi sebagai media yang menangkap respon dari
luar serta menyajikan informasi keluar sistem
komputer
CPU merupakan tempat untuk melakukan pemrosesan instruksi-instruksi dan
pengendalian sistem komputer.
Perkembangan perangkat CPU mengikuti generasi dari
sistem komputer.
•Pada generasi pertama CPU terbuat dari rangkaian
tabung vakum sehingga memiliki ukuran yang sangat besar.
•Pada generasi kedua telah
diciptakan transistor sehingga ukuran CPU menjadi lebih kecil dari sebelumnya.
•Pada generasi ketiga CPU telah terbuat dari
rangkaian IC sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.
•Pada generasi keempat telah
diciptakan teknologi VLSI dan ULSI sehingga memungkinkan ribuan sampai jutaan transistor tersimpan
dalam satu chip.
Pada perkembangan komputer
modern, setiap prosesor terdiri atas:
Arithmetic and Logic Unit (ALU)
Aritmetika dan Logika
berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) dan logika yang terjadi
sesuai dengan instruksi program.
Control Unit (CU)
Unit kendali (Control Unit ) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk
memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian
ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari
perangkat CPU tersebut.
KELOMPOK 5: SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
1) Perkembangan generasi komputer
sebelum tahun 1940
Pada
era sebelum tahun 1940 penggunaan alat bantu penghitung masih sangat sederhana
dan manual,
1. Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di
Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat
dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya
untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada
sebuh rak.Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung
transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di
Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.
2. Kalkulator Roda Numerik 1
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan
lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662),
yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai
kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya
melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan
Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan
hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis
sepuluh. Kelemahan alat ini adalahhanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.
3.
Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan
dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki
Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti
pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.
Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz
dapat menyempurnakan alatnya.
4. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat
fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer,
mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat
tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia
I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era
komputasi mekanikal.
2) Perkembangan generasi komputer
setelah tahun 1940:
1.
Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
Komputer
generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan
data. Alat ini menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu
beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan
komputer. Alat ini juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan
gangguan elektrik di kawasan sekitarnya. Komputer generasi pertama ini 100%
elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan
dengan cepat dan tepat.
2. Komputer generasi kedua ( 1959 - 1964
)
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer.
Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer.
Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan
lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan
komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan,
dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang
memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.
Komputer-komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini:
printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
3. Komputer generasi ketiga ( 1964 - awal
80an )
Walaupun
transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor
menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan
masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih
banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut
semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (Operating System) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
4. Komputer generasi Keempat ( awal 80an - ? )
Pada generasi keempat ini, sistem operasi tidak lagi hanya
diperutukan untuk satu mode pengolahan, tetapi telah ditujukan untuk banyak
mode pengolahan, misalnya mendukung batch processing, timesharing, networking
dan (soft) realtime applications sekaligus. Hanya hard real-time applications
sulit disatukan dengan mode-mode pengolahan yang lainnya karena beresiko
tinggi. Pada generasi ini, kenyamanan mengoperasikan sistem komputer juga
dinilai penting. Komputer yang makin ampuh telah sanggup memberi antar muka
grafis yang nyaman. Komputer desktop dinyamankan dengan GUI (Graphical User
Interface). GUI ini dimulai X Windows System hasil penelitian di MIT, kemudian
Macintosh, Sun View, disusul Microsoft Windows.
Generasi keempat ini ditandai berkembang dan meningkatnya kemampuan komputer
desktop (komputer pribadi) dan teknologi jaringan. Jaringan TCP atau IP telah
mulai digunakan secara luas oleh kalangan militer, peneliti, peguruan tinggi
dan masyarakat secara umum.
5. Komputer Generasi Kelima (Masa Depan)
Awal munculnya komputer-komputer modern.
Comments
Post a Comment